Jumat, 05 November 2010

Keadaan Bulan Oktober di SMA N 1 Kupang Barat

Pukul 08:08 WITA (20 Oktober 2010) saya berangkat ke SMA N 1 Kupang Barat. Kunjungan kali ini bermaksud untuk silaturahmi dengan warga sekolah sekaligus untuk pengecekan semua peralatan SeaEduNet. Tepat pukul 10:08 WITA saya dan pendamping lokal (Pak Obednego Buitlena, SE) mengecek semua peralatan SeaEduNet. Pada pengecekan kali ini, sinyal untuk semua channel mengalami penurunan. Misalnya sapa channel Seamolec, dulunya (per 7 Agustus 2010) mempunyai SNR 80% dan bisa terima streaming. Tapi untuk saat ini channel Seamolec hanya mempunyai SNR 63%.
Setelah mengetahui perubahan ini, akhirnya saya langsung pointing ulang parabola itu. Alhamdulillah untuk channel Seamolec mendapatkan SNR 79%. Sedangkan untuk channel yang lainnya diatas 82%. Setelah mendapatkan SNR 79% akhirnya saya langsung pengecekan data yang ada di digiserver. Ternyata masih belum ada datanya.
Kemudian saya cek satu persatu koneksi. Yang saya cek pertama adalah sambungan langsung dari laptop ke digibox, dan hasilnya bisa terkoneksi dan tanpa RTO. Cek yang kedua, dari laptop ke digibox melalui digiserver dan hasilnya sering RTO. Cek yang ketiga dari laptop ke digiserver dan hasilnya pun tanpa RTO.
Agar tidak terjadi RTO, akhirnya saya coba ganti NIC untuk Eth1 dengan NIC yang lainnya. Namun hasilnya masih sering RTO.
Karena waktu sudah menunjukkan pukul 15:30 WITA, akhirnya saya dan pendamping lokalpun menunda pekerjaan ini. Rencananya pekerjaan ini akan diselesaikan pada rabu minggu depan.
---
Rabu minggu ini (27 Oktober 2010) saya berangkat lebih awal (07:30 WITA), karena pekerjaan minggu kemarin masih belum terselesaikan. Tanpa menunggu pendamping lokal yang sedang mengajar siswa-siswanya, akhirnya saya cek lagi semua peralatan SeaEduNet. Sungguh terkejut, karena channel yang minggu kemarin bertuliskan SEAMOLEC dan mendapatkan SNR 79% ternyata berubah menjadi channel Trans TV yang memiliki SNR 79%.
Saya coba setting transponder channel itu menjadi 3789 (Seamolec). Dan pada transponder itu untuk channel Seamolec masih memiliki SNR 79%. Namun setelah saya restart digiboxnya, transpondernya berubah lagi menjadi transponder dan channel Trans TV.
Kendali yang saya hadapi lainnya adalah jika terjadi hujan. Maka semua sinyal berubah menjadi 63%. Padahal semua mur yang ada pada parabola sudah saya kunci sekencang mungkin.
Sumber : Wasum blog's

0 komentar:

Posting Komentar