Sabtu, 07 Agustus 2010

Laporan Awal Agustus


Setelah menunggu keputusan dari Dinas PPO Kab. TTS Prov. NTT, ahirnya diputuskan tidak ada pemindahan tempat jaringan SeaEdunet, namun untuk di SD N Kesetnana yang lokasinya memiliki cuaca kurang bagus, angin berhembus terlalu kencang hingga posisi parabola terus goyang, maka harus digeser ke posisi yang lebih bagus. sehingga, kamis (5/8) saya ditemani santoso melakukan pointing ulang, setelah sebelumnya pihak sekolah membongkar tempat parabola dan menggeser parabola ke selatan, di sini angin tidak membuat parabola bergoyang lagi.
Alhamdulillah meski dengan peralatan seadanya, akhirnya pointing dapat kami lakukan dengan baik dan sukses. SNR menembus angka 86% dan membutuhkan waktu 1,5 jam. Setelah selesai melakukan pointing, kami langsung melakukan pengecekan jaringan, Alhamdulillah jaringan juga bagus, dan bisa menghasilkan siaran dari seamolec melalui Videolan vlc.
Hari berikutnya, jum'at (6/8) santoso kembali ke Kefamenanu Kab. TTU dan saya kembali melakukan pengecekan di SD Inpres Oenali Kec. Amanuban Barat, Alhamdulillah meski tutup LNB terlepas dan segera saya pasang kembali, tetapi sinyal tetap stabil, SNR tetap pada posisi 85%, dan siaran bisa ditangkap dengan baik.
Sabtu (7/8) saya melakukan pengecekan di SD GMIT Oinlasi Kec. Amanatun Selatan. di sekolah ini sejak dipasang jaringan belum sempat saya cek kembali karena posisi listrik tidak stabil, sering mengalami mati lampu secara endadak dalam waktu yang cukup lama hingga berhari-hari. Setelah dilakukan pengecekan ternyata SNR turun hingga 63%, ahirnya saya lakukan pointing ulang dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya Alhamdulillah bisa kembali normal, SNR mencapai 86%, dan saya cek pada client dg membuka 192.168.1.254 pada browser, siaran televisi bisa saya jalankan melalui komputer clien yaitu dengan menggunakan laptopku. Akan tetapi ketika saya cek melalui vlc tidak mau muncul siaran, padahal sinyal sudah stabil. Apakah ini karena program vlc punyaku yang bermasalah? (mohon sharing dr teman-teman).
Sementara di sekolah lain yang terpasang jaringan SeaEdunet, yaitu SD N Ajaobtomas Kec. Molo Utara belum sempat saya cek ulang jaringan karena saluran listrik di sana belum stabil, alias sering mati. Sedangkan sekolah lain yang juga belum saya cek adalah di SD Inpres Panite 2 Kec. Amanuban Selatan. Di sana sampai sekarang belum diinstal server karena memang sekolah tersebut belum memiliki komputer, tapi pihak sekolah berjanji akan membeli komputer setelah dana BOS cair, kira-kira antara agustus atau september, maklum di sini semua Sekolah Dasar tidak memungut biaya sekolah sepeser pun dari siswa, sehingga semua kebutuhan sekolah harus menunggu dana BOS.
Demikian laporan sementara saya dari Kab. Timor Tengah Selatan Prov. Nusa Tenggara Timur. Besar harapan saya, ada kritik dan saran atau sharing dari teman-teman semua atau dari pihak Seamolec untuk memperbaiki kinerja saya di sini. Atas kebersamaan teman-teman dalam rangka membangun negeri ini, saya ucapkan terima kasih, dan mohon maaf jika kinerja saya hasilnya kurang maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar