Selasa, 12 Oktober 2010

Sekilas Kondisi Kec. Lamaknen, Kab. Belu

Lamaknen merupakan sebuah kecamatan yang tepat berada di puncak gunung, dengan akses yang sangat terbatas. perjalanan ke daerah ini ditempuh dengan menaiki angkutan umum (bus) / Ojek dengan lama perjalanan sekitar 1,5 - 2 jam dari kota Atambua. namun angkutan umum hanya sehari sekali pulang pergi dari Lamaknen ke Atambua (terminal Fatubenao). Angkutan umum berangkat dari lamaknen jam 6 pagi dan kembali ke Lamknen jam 11 siang, setelah itu terminal sepi.

Selain itu daerah ini dingin, listrik di daerah ini hanya ada pada waktu malam hari (jam 6 sore - jam6 pagi). satu titik seaedunet di dae

rah ini adalah SMPN 1 Lamaknen. keadaan sekolah ini sangat memprihatinkan karena setelah terkena imbas gempa banyak ruangan yang roboh dan dinding yang miring. sebelumnya pada bulan juli - agustus kemarin sekolah ini belum memiliki komputer server untuk instal digiserver namun pada bulan september ini sekolah telah mengupayakan untuk membeli komputer dengan spek intel dual core 2, 7 GHz, RAM 2 GB DDR III, HDD 500 GB Sata. server telah berhasil di instalasi dan ditempatkan pada lab IPA. lab ini memiliki ukuran cukup luas dan lebih bagus dibandingkan dengan ruangan lain. namun karena sekolah ini hanya memiliki 1 komputer untuk seaedune

t maka kemungkinan untuk melakukan proses pembelajaran bagi mahasiswa PGSD agak sulit karena pihak pendamping mungkin hanya mempersiapkan sebuah laptop untuk menanyangkannya di Infocus.










pada titik ini ada 4 mahasiswi PGSD undana yang berada di sekitar titik. dari infomasi mahasiswi2 ini belum memiliki komputer juga. jadi file yang diterima kemungkinan akan di print agar mereka bisa membacanya. dan karena listrik disini hanya ada malam hari mereka juga hanya dapat melakukan pertemuan ketika malam hari saja, karena genset hanya dapat dipakai sewaktu-waktu.

Layanan internet kecamatan disini juga belum tersedia, alhasil saya memberitahukan pada pendamping jika ada tugas selain mengirim lewat email juga dapat dikirim lewat pos dengan tujuan alamat undana.


0 komentar:

Posting Komentar